Tahun 1968 menjadi penanda penting dalam sejarah dunia pendidikan di Kota Surakarta dan sekitarnya (Solo Raya). Pada tahun tersebut, berdiri Akademi Bahasa Asing Santo Pignatelli atau lebih disebut ABA St. Pignatelli. Lembaga ini menjadi salah satu Perguruan Tinggi yang tertua di Solo Raya. 

ABA St. Pignatelli berkembang pesat. Dua tahun setelah ABA St. Pignatelli berdiri, tepatnya pada tahun 1970, Yayasan Santo Yosef Maria Pignatelli sebagai Badan Penyelenggara, mendirikan satu akademi lagi yaitu Akademi Akuntansi Santo Pignatelli atau lebih sering disebut AA St. Pignatelli. Beberapa tahun sesudahnya, berdirilah Akademi Uang dan Bank Santo Pignatelli yang kemudian disebut AUB St. Pignatelli.

Namun, keberadaan akademi-akademi St. Pignatelli ini tidak berlangsung langgeng. AUB St. Pignatelli tutup. Menyusul, AA St. Pignatelli. Untungnya, pada tahun 1994 Yayasan St. Pignatelli mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Santo Pignatelli (STIE St. Pignatelli). Sampai pada era tahun 2000’an, Yayasan St. Pignatelli masih mempunyai dua Perguruan Tinggi yang aktif memberikan layanan pendidikan yaitu ABA St. Pignatelli (1968) dan STIE St. Pignatelli (1994).

Pada tahun 2015, Yayasan Pignatelli memperkuat jaringan kerjanya dengan mendirikan satu lembaga lagi yaitu Social Entrepreneurship Center Santo Pignatelli (SEC St. Pignatelli). Lembaga ini berfungsi sebagai unit usaha untuk mengusahakan dana bagi berlangsungnya kegiatan lembaga lain.

Pada akhirnya, menjelang 50 tahun ulang tahun Kampus Pignatelli, tiga lembaga di dalam lingkup Yayasan Pignatelli, yaitu ABA (1968), STIE (1994) dan SEC (2015) tetap bertahan menghadapi jaman.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *