Tahun Ajaran 2016/2017 ABA St. Pignatelli mulai bersiap menghadapi perubahan jaman. Perguruan Tinggi berbasis pendidikan bahasa asing ini mulai merancang program-program pembaruan di tengah perkembangan masyarakat yang dinamis ini.

Salah satu keprihatinan yang dialami oleh ABA St.Pignatelli yaitu mulai tidak intensnya hubungan dengan publik Kota Solo dan sekitarnya. Tidak seperti dulu, masyarakat mengenal ABA St.Pignatelli sebagai satu-satunya pilihan untuk belajar bahasa asing, khususnya Bahasa Inggris. Dalam 20 tahun terakhir, pilihan tersebut tidak lagi tunggal. Beberapa ABA bermunculan di Kota Solo. Selain itu, banyak pula lembaga kursus yang menawarkan program pembelajaran Bahasa Inggris.

Pada tahun 2015, Kemenristekdikti mengeluarkan daftar peringkat Perguruan Tinggi. Dalam daftar tersebut, ABA St.Pignatelli menduduki peringkat yang cukup membanggakan. Perguruan Tinggi ini peringkat pertama disandingkan dengan ABA lainnya di kawasan Jateng, Jatim dan DIY.  Tentu saja status ini sudah sepatutnya kita syukuri bersama.

Namun, jaman telah berubah tanpa bisa kita duga. ABA St.Pignatelli juga tidak mau terlena. Walaupun kampus ini sudah dikenal luas oleh masyarakat Solo Raya sebagai Perguruan Tinggi Swasta yang terpercaya menyelenggarakan Program Studi Bahasa Inggris, mulai berpikir jauh ke depan. ABA St.Pignatelli mulai berbenah dengan membangun citra diri yang dinamis dan responsif terhadap perkembangan teknologi dan dinamika dunia kerja. Salah satu yang dilakukan yaitu penguatan citra diri yang matang sekaligus tanggap jaman.

Penggantian logo menjadi contoh aksi nyata.